October 02, 2010


Di Pointe du Hoc, suatu bukit karang setinggi 100 kaki terdapat sarang meriam kaliber 155 mm, enam bush banyaknya. Dengan meriam ini Jerman clapat menyapu seluruh pantai Omaha. Tugas untuk menyingkirkannya diberikan kepada sepasukan Ranger pimpinan Letkol James E. Rudder…. (Bab tentang Pendaratan Sekutu di Normandin)

Pada saat itulah born meledak. Terdengar dentuman kerns hingga tiga. kali. Akibatnya sangat dahsyat. Meja yang berat itu hancur clan asap tebal mengepul keluar …. Sambil berlari-lari Marsekal Keitel berteriak, “Di mana Fuhrer? Di mana Fuhrer?” Hitler sendiri untuk kesekian kalinya lolos dari maut. (Bab tentang Percobaan Pembunuhan terhadap Hitler oleh Kolonel Graf von Stauffenberg, 20 Juli 1944)

Pasukan payung Inggris bertahan terns. Dalam pertempuran jarak dekat, bayonet pun digunakan. Segala days dikerahkan untuk melawan pasukan Jerman, termasuk terhadap tank meski hanya dengan grant tangan. Pasukan payung makin terjepit, tetapi Jembatan Arnhem masih tetap di tangan mereka…. (Bab tentang Kegagalan Sekutu Merebut Jembatan Arnhem, September 1944)

Eropa Jilid III_0002

Bill buru-buru memberikan senapan otomatisnya kepada Valerio. Kali ini tidak ada kemacetan, lima butir peluru memasuki tubuh Mussolini. Kepalanya terkulai di dadanya, lututnya bengkok dan is rubuh ke tanah…. (Bab tentang Esekusi terhadap Diktaktor Italia, 28 April 1945)

Terdengar bunyi tembakan – satu kali saja. Beberapa saat kemudian mereka yang menunggu di luar masuk ke dalam kamar dan mendapati Hitler terduduk di atas dipan tempat tidur yang telah penuh dengan darahnya. Eva Braun jugs di dipan itu, telah mati. (Bab tentang Saat-saat terakhir Adolf Hitler yang Bunuh Did, 30 April 1945)

0 komentar :

Post a Comment