October 02, 2010

Ketika telah cukup umur, Hitler harus masuk milisi atau wajib militer. Tetapi dia tidak melaporkan diri. la malah ke luar negeri, ke kota Munchen di Jerman. Dia dikejar oleh polisi Austria sebagai desertir … (Bab tentang Hitler pada Masa Muda)

“Semua tabung torpedo kini telah kosong. Saya putuskan untuk mengundurkan diri, antara lain karena dugaan seorang pengendara mobil telah mernergold kami. Mobilnya berhenti di depan kami, kemudian memutar dan lari sekencang-kencangriya ke arah Scapa…- (Gunther Prien, komandan U-47 setelah berhasil menenggelamkan kapal tempur Inggris HMS Royal Oak di pangkalan Scapa Flow)

“Tak pernah dalam sejarah konflik kemanusiaan, sedemikian banyak orang yang berutang atau menggantungkan diri kepada begitu sedikit orang…’ (PM Churchill tatkala memuji para pilot RAF yang akhirnya berhasil mengalahkan Luftwaffe dalam Battle of Britain)

Eropa 1_0001

“Saya melihat pesawat terbang meledak, lalu tampak pasukan yang diangkutnya bertebaran di udara seperti kacang berantakan dari kantung kertas yang robek…” (Bab tentang Perebutan P. Kreta dari Udara oleh Jerman)

Akan tetapi tampak jelas bahwa sikap pasukan Rusia berbeda sekali apabila dibandingkan dengan lawan Jerman di Polandia atau Eropa Barat. “Sekalipun terkurung, tentara Rusia terus bertahan dan bertempur…” demikian seorang jenderal Jerman (Bab tentang Operasi Barbarossa)

Ketika Rommel melintasi perbatasan Mesir pada tanggal 24 Juni 1942, maka dia tinggal mempunyai 12 atau 13 tank saja. Persediaan bahan bakar dan mesiu juga sangat mengkhawatirkan. Meskipun demikian, Inggris tak mampu juga menghancurkan tentara Rommel yang telah menipis itu … (Bab tentang Montgomery Menang di El Alamein)

0 komentar :

Post a Comment